MEDIA INDEPENDENT KOMNAS HAM PARTAI CALEG 2009 GEOPOL

SLOGAN


Pilih Caleg yang Sungguh Pembela Rakyat Miskin

Senin, 23 Februari 2009 | 00:19 WIB

Jakarta, Kompas - Dalam pemilihan umum mendatang, pilihlah calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang bersungguh-sungguh membela rakyat miskin, bukan yang hanya berpura-pura.

Pesan itu disampaikan sejumlah aktivis yang tergabung dalam Sukarelawan Perjuangan Rakyat untuk Pembebasan Tanah Air (Spartan) dalam penyampaian manifesto politiknya di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta (22/2).

”Setelah reformasi dua kali pemilu, harapan rakyat dikhianati,” kata Agus Jabo, Koordinator Umum Spartan, dalam pidatonya yang disaksikan sekitar 800 peserta.

Setiap pemilu, tema kemiskinan selalu diangkat banyak partai politik. Ratusan ribu calon anggota legislatif pun berlomba-lomba turun ke kampung-kampung mendekati rakyat agar mendapat ”kursi empuk”. Namun, setelah terpilih, justru banyak dari mereka yang berkhianat.

Agus menyerukan kepada peserta yang hadir untuk memilih para aktivis pejuang kemiskinan dalam Pemilu 2009 mendatang. Ada sekitar 365 aktivis yang menjadi caleg dan tersebar di seluruh Indonesia.

Mereka yang hadir umumnya warga yang merupakan kelompok binaan sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang menaruh perhatian pada persoalan kemiskinan.

Acara pun dikemas sederhana. Sebagian duduk di kursi lipat yang disediakan, sebagian duduk di lantai. Makanan ringan disajikan bolu kukus, arem-arem, dan segelas air mineral. Namun, ketika Indonesia Raya dikumandangkan, acara berlangsung khidmat. Ketika yel-yel diteriakkan, mereka pun menimpali penuh semangat.

Ririn Sefsani dari Dewan Nasional Wahana Lingkungan Hidup yang juga berorasi mengajak semua pihak untuk menjadikan Pemilu 2009 sebagai momentum melakukan perubahan.

”Saya pribadi mendukung caleg siapa pun yang didukung rakyat dan membuat agenda-agenda perubahan prorakyat dan siap dikontrol rakyat,” ujarnya tegas.(sut)

SUMBER KOMPAS.

0 komentar:

CLOCK

Login | Facebook

Yahoo! Messenger